CAT Adalah Sarana Mewujudkan Kompetensi PNS


Kamis, 08 Desember 2011 10:36

Serang-BKN Humas, Instansi pemerintah harus melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kualitas sumber daya aparatur karena  masyarakat menuntut pegawai untuk lebih profesional. Salah satu sarana mewujudkan kompetensi PNS adalah penggunaan  alat bantu komputer (Computer Assisted Test-CAT) yang digagas dan dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).  Informasi ini disampaikan oleh Walikota Serang H.TB.Haerul Jaman, B.Sc ketika membuka tes kompetensi bagi pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan pemerintah kota Serang dengan menggunakan CAT di Ruang Rakata Hotel Mambruk Serang Banten, Rabu (7/12). Hadir dalam kegiatan ini Deputi Bidang Bina Kinerja dan Perundang-undangan (Kindang) S.Kuspriyomurdono, Direktur Rekrutmen dan Kinerja Pegawai (Rekkinpeg) Purwanto, serta Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Serang Drs.H.Akhmad Benbela.

Walikota Serang H.TB. Haerul Jaman,B.Sc (kedua dari kanan) mwmberikan sambutan pada kegiatan  tes kompetensi bagi para pejabat eselon III dan IV mengunakan CAT didampingi Deputi Bidang Bina Kindang S.Kuspriyomurdono (kedua dari kiri), Direktur Rekkinpeg Purwanto (paling kiri), dan Kepala BKD Kota Serang Drs.H.Akhmad Benbela
Lebih jauh H.TB.Haerul Jaman, B.Sc memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan CAT yang dilakukan Pemerintah Kota Serang bekerja sama dengan BKN. Di samping itu, hasil tes ini menjadi salah satu aspek penilaian bagi Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dalam melakukan promosi dan mutasi bagi pegawai.

Dalam arahannya, Deputi Bidang Bina Kindang menyatakan bahwa instansi pemerintah harus memiliki Quick Win (layanan unggulan) dalam menyajikan pelayanan kepada masyarakat. Ada pun program-program yang  menjadi Quick Win hendaknya benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Dengan demikian, publik akan memberikan kepercayaan dan tanggapan positif terhadap instansi pemerintah. CAT, dalam konteks ini, adalah salah satu Quick Win yang disajikan BKN dalam memberikan layanan kepegawaian.

Deputi Bidang Bina Kindang S.Kuspriyomurdono (kanan) menyalami salah satu peserta tes kompetensi bagi pejabat eselon III dan IV di lingkungan pemerintah Kota Serang
Dalam laporannya, Kepala BKD Kota Serang menjelaskan  bahwa tes ini  diikuti 200 peserta, terdiri dari 50 pejabat eselon III dan 150 pejabat eselon IV selama dua hari, Rabu dan Kamis (7-8/11). Tujuan penggunaan CAT adalah menjamin obyektivitas, efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam pelaksanaan tes terhadap pegawai. Tes dengan menggunakan metode ini adalah juga salah satu implementasi semangat Reformasi Birokrasi yang digulirkan pemerintah.

Pada kesempatan yang sama Direktur Rekkinpeg memaparkan bahwa CAT adalah metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk memperoleh sumberdaya PNS yang berkualitas. Keunggulan metode ini adalah penilaian dilakukan secara obyektif karena pemeriksaan hasil ujian langsung oleh aplikasi CAT, memudahkan proses pemeriksaan ujian, dan memudahkan peserta dalam pelaksanaan ujian. (sumber: www.bkn.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar